Setiap insan pasti mendambakan hidup dan tinggal bersama dengan orang yang dicintainya. Untuk bisa mewujudkannya, kamu tentu harus melalui proses pernikahan terlebih dahulu. Ada banyak persiapan pernikahan dalam islam yang harus kamu persiapkan.

Pernikahan merupakan suatu peresmian hubungan antara pria dengan wanita yang didasari dengan hukum dan Syariah. Sehingga nantinya bisa menjadi keluarga yang Sakinah, mawaddah, warrahmah.

Untuk kamu seorang muslim dan Muslimah, berikut ini adalah bekal sebelum menikah dalam Islam yang harus dipersiapkan.

1. Persiapan Fisik

Kedua mempelai harus sudah mencapai akil baligh dan siap memenuhi tugasnya dalam rumah tangga. Kamu harus sudah siap mengemban tugas seorang suami maupun seorang istri.

Sebelum melangsungkan proses pernikahan, alangkah lebih baik jika memeriksa kondisi Kesehatan terlebih dahulu. Terutama yang harus diperiksa adalah masalah produksi.

Organ tubuh bagian ini harus dalam keadaan sehat karena salah satu tujuan dari pernikahan adalah memiliki keturunan. Jadi jika salah satu dari kedua mempelai mengalami masalah pada bagian tubuh ini, sebaiknya diatasi terlebih dahulu.

2. Persiapan Mental

Kedua mempelai seharusnya sudah siap meniti kehidupan baru setelah pernikahan berlangsung. Tak sedikit banyak orang yang setelah menikah mengalami stress dan banyak masalah karena belum punya mental yang siap.

Kedua mempelai harus memiliki tanggung jawabnya masing-masing dalam berumah tangga. Jika memang menikah dengan terpaksa disaat mental belum siap, nantinya bisa menimbulkan masalah.

Hal seperti ini biasanya banyak dialami oleh mereka yang menikah di usia muda. Kesiapan mental di usia ini memang masih belum stabil, terutama yang disebabkan dari luar dirinya.

Jika sebelum menikah memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja, setelah menikah tidak akan terjadi lagi. Karena setelah menikah tidak hanya harus bertanggung pada diri sendiri saja. Tapi juga tanggung jawab pada pasangannya.

3. Persiapan Spiritual

Persiapan fisik dan mental saja tidak cukup sebelum melakukan pernikahan. Sisi spiritual juga harus dipersiapkan dari sekarang sebelum pernikahan. Sebaiknya meminta petunjuk dari Allah SWT terlebih dahulu sebelum melakukan pernikahan.

Dengan mendekatkan diri kepada-Nya, pernikahan kamu bisa berjalan dengan Syariah yang diberikan untuk umat Islam. Kamu bisa melakukan Shalat Istikharah dan rajin melakukan ibadah lainnya sebelum melakukan pernikahan.

4. Persiapan Ekonomi

Pernikahan bukanlah akhir dari hubungan, tapi merupakan kehidupan baru yang akan ditempuh oleh pasangan. Oleh sebab itu kesiapan material juga harus mulai dipersiapkan sebelum pernikahan.

Persiapan ini sangat diutamakan untuk mempelai pria karena nantinya akan berperan sebagai tulang punggung keluarga. Seorang suami nantinya harus mencari nafkah untuk membiayai kehidupan keluarganya.

Oleh sebab itu sangat disarankan kalau kamu harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu sebelum menikah. Meskipun dengan jumlah yang tidak besar, tapi setidaknya sudah cukup untuk mendukung kehidupan kamu dalam berumah tangga.

Tapi hal ini juga tidak bisa menjadi patokan karena Allah sendiri juga sudah berjanji untuk menggabungkan rizki. Bahkan Dia akan melimpahkannya kepada mereka yang akan menikah.

5. Persiapan Sosial

Persiapan sosial yang dimaksud disini adalah kedudukan seseorang di dalam masyarakat. Karena bagaimanapun juga sebagai makhluk sosial kita harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat,

Pastikan kamu memiliki hubungan baik dengan tetangga dan warga di lokasi tempat tinggal. Karena pernikahan tidak hanya melibatkan kedua mempelai saja. Tapi juga melibatkan partisipasi dari masyarakat disekitarnya.

6. Persiapan Hukum dan Syariah

Sebelum menikah, kedua mempelai harus melengkapi berbagai dokumen kenegaraan yang diperlukan. Kamu dan pasangan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Kantor Urusan Agama (KUA).

Tak hanya itu, kedua mempelai juga harus mempersiapkan berbagai hal yang berhubungan dengan syariat dan rukun saat pernikahan. Persiapan pernikahan pihak wanita diantaranya adalah adanya wali dari pihak mempelai wanita dan saksi yang akan hadir dalam pernikahan.

7. Persiapan Anggaran dan Materi

Persiapan sebelum menikah untuk wanita maupun pria adalah anggaran dan materi untuk pernikahan. Untuk pesta pernikahan sebenarnya tidaklah harus dilakukan. Tapi tetap saja kedua mempelai harus mempersiapkannya untuk kelangsungan pernikahan nanti.

Meskipun kamu hanya akan menyelenggarakan acara akad saja tanpa resepsi, ada juga anggaran yang harus dipersiapkan. Misalnya adalah mengurus dokumen, acara akad nikah itu sendiri, dan biaya tak terduga lainnya.

Jika ingin menyelenggarakan pesta pernikahan, pastikan kamu mempertimbangkannya dengan matang. Karena hal yang benar-benar harus dipertimbangkan adalah kehidupan setelah menikah.

Jika memang memiliki budget yang terbatas, sebaiknya gunakan saja untuk kehidupan nanti setelah menikah. Menyelenggarakan akad pernikahan saja sudah cukup, tanpa resepsi. Karena acara yang paling penting itu adalah akad.

Demikianlah beberapa persiapan pernikahan dalam Islam yang harus kamu persiapkan dari sekarang. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan menikah. Jangan sampai nantinya mengganggu kehidupan setelah menikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *