Apakah Menjauhi Mantan sama dengan Memutus Silaturahim?

apakah menjauhi mantan sama dengan memutuskan tali silaturahim yang dilarang?
menjauhi mantan memutus silaturahim?

Banyak yang bimbang, ternyata penyebab susah move on adalah mantan yang masih terus menghubungi.
Mulai dari modus menanyakan kabar, menanyakan pelajaran, menanyakan pekerjaan, hingga menanyakan rumus hitung kolmogorov-smirnov (oke yang ini kayaknya nggak ada)

Di satu sisi diri ini pengen move on. Di sisi lain, kalau si mantan udah ngechat. Terus nggak dijawab, takutnya nanti kita dituduh memutus tali silaturahim.

Kan ga boleh, ya?

Katanya sesama muslim dilarang memutus tali silaturahim. Katanya dosa.

(Lho tapi pacaran kan juga gak boleh?)

Terus gimana dong sikap yang seharusnya dilakukan kalau mantan mulai modus. Awalnya ngajak chat, terus pas udah dibales malah ngajak ketemuan.

Nah pas udah ketemuan, lanjut ngajak balikan deh. Mana sikapnya jadi so sweet banget. Gimana nggak meleleh hati yang mencoba tegar ini? ?

Tenang, cuy… tenang…

Biar nggak pusing pala berbi, dan kita bisa menjauhi mantan dengan tenang, coba kita pahami dulu, apa sih arti silaturahim?

Kata “silaturrahim” atau “silaturrahmi” [arab: صِلَةُ الرَّحِمِ] terdiri dari dua kata: silah, artinya hubungan dan rahim atau rahmi artinya rahim ibu, tempat janin sebelum dilahirkan.

Sehingga yang dimaksud silaturrahim adalah menjalin hubungan baik dengan kerabat, sanak, atau saudara yang masih memiliki hubungan rahim atau hubungan darah dengan kita.

Dengan demikian, kata ini tidak bisa digunakan untuk menyebut hubungan yang dilakukan antar-tetangga, teman dekat, kolega bisnis, rekan kerja, apalagi pacar, yang mereka sama sekali tidak memiliki hubungan darah dan kekerabatan dengan kita.

Namun, kata ini hanya khusus terkait jalinan hubungan antar-kerabat yang memiliki hubungan darah dan kekeluargaan. Demikian penjelasan al-Qadhi Iyadh (Taudhihul Ahkam min Bulughil Maram, 6/253).
Dalam beberapa kasus, hubungan pertemanan antara lelaki dan wanita yang bukan mahram terkadang beralasan dengan kata ini ‘silaturrahmi’.

“Ah kami nggak ada hubungan spesial kok. Kan cuma menjalin silaturahim sesama muslim”

(Lah menjalin silaturahim kok sama akhwat tertentu aja mas?)  ?

Ketika diingatkan, jangan pacaran, jangan melakukan komunikasi dengan lawan jenis yang bisa mengundang syahwat, jangan menjauhi mantan, alasannya, “Saya tidak ingin memutus silaturahmi.”

Masya Allah, mereka telah menjadi korban tipuan setan. Setan mengelabui hubungan haram atau minimal dapat mengantarkan kepada yang haram, dengan alasan ini seolah menjadi hubungan halal dan bahkan mendatangkan pahala: silaturrahmi. . (Dikutip dari ust Ammi Nur Baits di web konsultasisyariah.com)


Kalau putus komunikasi dengan mantan disebut putus silaturahim, berarti pacaran itu menjalin silaturahim?

Tentu saja enggak.

Soalnya beda banget praktek lapangannya. Kalau menjalin silaturahim dengan kerabat dan keluarga itu kan dapat pahala. Nah, sementara kalau pacaran kan dapatnya…. ah, sudahlah.

So… jangan segan untuk block, unfollow, mute, dislike atau unfriend mantan dari hidupmu. Jangan terbebani oleh tuduhan memutus silaturahim. Dan tetaplah berhijrah menjadi diri yang lebih baik.

Diri yang move on menuju kebaikan

48 thoughts on “Apakah Menjauhi Mantan sama dengan Memutus Silaturahim?

    1. sama-sama… makasih udah mampir, jangan bosen berkunjung kesini ya, nanti Insya Allah kami ada artikel-artikel baru loh

  1. Baru 11 hari putus dari mantan, putusnya juga tdk baik baik (dalam keadaan berantem hebat) dan hal ini sering terjadi selama berpacaran (4y4month), dan saya akhiri dengan kalimat “aku mau putus” wlwpn dia ngga balas chat itu lg dan hanya diam sampai dua hari stlh putus dia cb nelfon bbrp kali, nomornya saya tolak/block, tiga hari pasca putus msh nlfn ttp gk saya gubris, smpai dihari keempat pasca putus itu adalah tlpon dia yg trkhir. Namun lambat laun saya percaya, Allah sengaja membuat hub yg tidak seharusnya ini hancur, menumbuhkan rasa benci diantara masing2 individu, agar bisa saling melupakan. Tp hati saya terus mencari dia, sbg wanita saya masih menginginkan dia mengejar saya sperti dl dia pertama x mengejar saya, bbrp x saya cb tanya ke teman hijrah saya, beliau blg sbaiknya pertahankan diam mu!! Diam lah sampai kau lupa.. barusann aja saya ada niatan siap shlt zuhur mau menghub dia dan meminta maaf baik2, menjelaskan semua yg terjadi, kemana saya selama ini saat dia hub..mksd hati saya mau ngomong kalau saya sedang proses hijrah jd tlg jgn ajak saya pacaran lg, tp baca blog ni saya jd mengurungkan niat trsebut dan spertinya akan mengaplikasikan nasihat tmn hijrah saya, yg menyuruh saya bertahan untuk ttp diam. ????

    1. semoga istiqomah dalam diam sampai diri siap dihalalkan… lalu terimalah siapapun yang berani maju melamar. asalkan dia baik agama dan akhlaknya. tak perlu dengan cinta yang lama, tak harus dengan cinta yang sama. bisa jadi yang baru lebih bahagia.

  2. alhamdullilah nemu artikel ini. seperti yang saya alami. semakin membuat saya yakin dengan pilihan saya mengakhiri hubungan tidak halal yang sudah 5 tahun saya jalani. alhamdullilah sudah 2 bulan berlalu dan saya tetap baik-baik saja.

  3. Alhamdulillah nemu jawaban yg pas?dr bbrp taun ngerasa berdosa krn putus silaturahmi sm mantan udh blok semua sosmed nya, tp ternyata keputusanku gak salah?☺️

  4. Kalau mantan punya hutang cicilan untuk belasan tahun yang di beban kan ke pasangan terdahulunya, meski bilang nya mau dicicil, lalu menjauhi dan tidak berinteraksi..
    Gmana dung ? 😀

  5. Akhirnya terjawab sudah kebingunganku. Soalnya dulu sering dikatain sama teman katanya aku ga dewasa karna ngeblok mantan. Terus dikiranya aku belum move on karna ngeblok mantan. Jadi serba salah deh rasanya. Padahal sudah move on juga.

  6. Alhamdulillah.. Terkadang memang banyak sekali manusia, yg memanfaatkan kata “silaturrahim” utk mendekati seseorg. Syukron jiddan akh, semoga selalu dapat memberi masukan dan motivasi kpd semua org. Jazakallahu khayran katsiran.. ?

  7. Alhamdulillah…sudah tidak terbebani lagi gegara baca artikel ini, hehe.. saya termasuk yg tidak segan2 block unfollow unfriend..awalnya msh takut dibilang sombong atau memutuskan silaturahmi, tapi bukankah ketika kita meninggalkan sesuatu karena Allah, Allah sendiri yg akan menggantikan dgn yg lebih baik, so ga ush sedih :’D

    1. asal jaga niat di hati bahwa anda melakukannya untuk tujuan baik… jangan sampai ada rasa sombong dan kesal dalam menjauhi mantan. misal, berharap mantan nggak nikah dan sedih ketika dia menikah. itu juga ngga bagus.

  8. Asalammualaikum saya mau tanya dong..,lantas gimana dengan mantan pacar kita yang dulu masih memiliki hubungan darah dengan kita,contoh nya anak dari wawak/bu’de kita ya bisa di bilang abang sepupu?
    Mohon pernyataan nya

    1. agak rumit ya. sebuah hubungan kekeluargaan sederhana jadi rumit karena pacaran. mungkin solusinya bukan dengan stop komunikasi sepenuhnya, tapi hanya seperlunya saja. wallahu a’lam.

  9. Seperti Yang aku alami… Aku block mantan aku… Dia coba menghubungi keluargaku Dan mencoba meneror… Kalo aku memutuskan silaturahmi itu dosa besar jauh dari rejeki.. Alhamdulilah aku baca artikel ini…. Semakin yakin bahwa pilihan saya tepat untuk tidak mau berhubungan lagi dengan dia…

  10. Kalau mantan sudah saya blok tapi tibatiba keruma apa yg harus saya lakukan ini yang sedang saya alami terimakasi saya merasa terganggu kak

    1. jelaskan dengan baik bahwa kamu sudah mau taubat pacaran… dan minta agar tidak menghubungi lagi…

  11. Tp bagaimana jika orang tua kita yg msh tdk memahami akan jalan hijrah yg kita ambil? Selalu kita yg disalahkan saat beliau menanyakan “adakah berhubungan dgn si A (mantan?)?”
    Lalu saat dijwb tdk, kita selalu disalahkan, knp gk ada berhubungan. Kan boleh aja skdr tanya ini itu. Sdgkn diri kita ingin menjaga, tdk ingin mendekati zina lg😂 tp org tua seolah olah lbh berpihak ke mantan, drpd anaknya sendiri yg sbnrnya hanya ingin mendpt ridho Allah. Bagaimana caranya supaya org tua mengerti ya?

    1. terus tunjukkan bahwa anda menjadi pribadi yang lebih baik setelah berhijrah. sehingga orangtua menyadari bahwa anda telah berubah menjadi lebih dewasa dan islami. buktikan dengan sikap. semoga lama kelamaan orangtua anda menyadari bahwa pacaran adalah cara yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *